4 Alasan Kenapa Generasi Milenial Harus Berinvestasi

Generasi Milenial Investasi Zaman Now
Waktu baca: 2 menit

Investasi sudah lama dipahami sebagai kegiatan finansial yang mendatangkan keuntungan besar. Salah satu kegiatan finansial ini disarankan pula untuk digeluti oleh generasi milenial. Pasalnya, besarnya keinginan dan kebutuhan yang dimiliki oleh generasi ini sulit terpenuhi tanpa investasi. Benarkah demikian? Apa saja sebenarnya alasan mengapa generasi milenial harus berinvestasi mulai sekarang? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Kebebasan finansial

Tercapainya kebebasan finansial dibuktikan dengan pendapatan pasif yang dapat memenuhi kebutuhan hidup setiap bulan. Dengan kata lain, tanpa bekerja secara aktif kamu tetap dapat memenuhi kebutuhan dengan baik. Hal inilah yang diinginkan oleh generasi milenial, bukan? Bekerja santai namun berpenghasilan besar.

Investasi sebagai sumber pendapatan pasif merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai kebebasan finansial yang diidam-idamkan oleh generasi milenial. Bahkan saat kamu sudah pensiun, uang yang sudah kamu investasikan tetap bekerja dan menghasilkan pendapatan yang bisa digunakan setiap bulannya.

Generasi Milenial Investasi

Generasi milenial juga harus mulai investasi dari sekarang via pexels.com

Solusi menghadapi laju inflasi

Tak bisa dipungkiri, pemasukan yang kamu miliki saat ini tak bisa mengalahkan laju inflasi. Sementara semua harga akan terus naik seiring berjalannnya waktu, jumlah pendapatanmu tak mengalami pertumbuhan berarti. Lama-lama, jumlah pendapatanmu tak lagi dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di sinilah peran investasi semakin berarti. Kamu dapat berinvestasi sejak dini agar tak tergerus arus inflasi.

Bagi kamu yang baru menjajal dunia investasi, bisa memulai dengan reksadana yang relatif lebih aman dan tanpa modal besar dibanding jenis investasi lainnya. Mengingat reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman, kamu tak perlu khawatir investasimu akan lenyap tiba-tiba. Kamu pun dapat memanfaatkan penghasilan yang diterima dari investasi untuk semua kebutuhanmu dengan lebih leluasa.

Mewujudkan impian generasi milenial

Milenial dinilai memiliki keinginan, kebutuhan, dan impian yang besar. Berbagai keinginan, kebutuhan, dan impian tersebut akan sulit diwujudkan dengan menggeluti pekerjaan sebagai karyawan dengan gaji tetap per bulan. Investasi bisa menjadi jawaban untuk mewujudkan impian generasi milenial yang tak bisa dipenuhi oleh pekerjaan sebagai karyawan perusahaan.

Impian milenial untuk memiliki rumah, kendaraan, jalan-jalan ke luar negeri, hingga membangun usaha yang sukses dapat terwujud dengan memulai investasi sejak dini. Generasi milenial yang kini sudah bekerja dan berpenghasilan dapat mengumpulkan uang untuk digunakan sebagai modal investasi. Hal ini pastinya lebih menguntungkan bagi generasi milenial yang memiliki banyak impian untuk diwujudkan.

Baca Juga7 Bisnis Milenial yang Sedang Ramai Digandrungi Nih, Kamu Tertarik?

Terhindar dari kesulitan finansial

Generasi milenial tidak hanya dikenal dekat dengan perkembangan teknologi, namun juga memiliki ketertarikan tinggi untuk bergaul serta berbagi pengalaman melalui media sosial. Hal tersebut mendorong milenial untuk mengembangkan gaya hidup gemar berwisata atau makan di kafe atau restoran mewah yang pada akhirnya menjebaknya dalam situasi kesulitan secara finansial. Dalam hal ini, investasi dapat dimanfaatkan untuk menghindari kesulitan finansial.

Menyisihkan penghasilan harus menjadi bagian dari gaya hidup. Agar hasilnya dapat dipetik saat masa pensiun tiba, menyisihkan pendapatan harus dimulai sedini mungkin. Oleh karena itu, generasi milenial (termasuk mereka yang baru masuk kerja) diharapkan dapat menjadikan investasi sebagai gaya hidup agar  tetap dapat bergaya tanpa harus mengalami kesulitan finansial nantinya.

***

Itulah beberapa alasan mengapa generasi milenial harus memulai investasi. Dengan berbagai manfaat yang diberikan, tidak salah bila generasi milenial disarankan untuk mulai berinvestasi, bukan?

You may also like...

Leave a Reply