Inilah Cara Mudah untuk Bisa Bangun Pagi

mudah bangun pagi
Waktu baca: 3 menit

Bangun pagi adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Dengan bangun pagi, kamu akan lebih mendapatkan banyak manfaat. Di antaranya ialah kamu lebih siap menjalani rutinitas dan tubuhmu akan terasa lebih sehat dan bugar.

Namun, masih banyak orang yang kadang mengalami kesulitan untuk bangun pagi. Akibatnya, kamu akan terlambat datang ke kantor karena bangun kesiangan dan semua hal jadi serba terburu-buru. Dengan kata lain, persiapan berangkat ke kantor jadi tidak maksimal saat kamu kesiangan.

Saat sudah tiba di kantor pun kamu akan bingung mau melakukan apa sebab “nyawa” belum terkumpul. Kondisi itu malah membuat produktivitas kerjamu bisa-bisa menurun loh. Dan tau sendiri bukan efek dari produktivitas kerja menurun? Entah dapat surat peringatan, dimarahin oleh bos, atau lebih pahitnya kamu dipecat.

Maka dari itu, kamu harus selalu mengusahakan untuk bangun pagi. Bagi yang masih kesulitan, kamu bisa ikuti cara-cara di bawah ini agar bisa dengan mudah bangun pagi. Berikut cara-caranya.

Niat bangun pagi sejak awal

Niat untuk bangun pagi.
Niat sejak awal untuk bangun pagi. Photo by @all_who_wander

Sebelum memutuskan untuk tidur, kamu harus niat terlebih dahulu untuk bangun pagi. Dalam benakmu, beri sugesti positif bahwa kamu harus bangun pagi. Niat ini pun bisa terealisasikan jika diiringi dengan tidur lebih awal. Dengan niat positif, lalu tidur lebih awal, maka kamu pasti akan lebih mudah untuk bangun pagi.

Pasang alarm

Pasang alarm
Pasang alarm agar bisa bangun pagi. Photo by Pixabay

Memasang alarm untuk membangunkanmu pagi-pagi adalah hal yang lumrah dan ampuh. Sebelum beranjak tidur, setelah niat bangun pagi, kamu bisa langsung menyetel alarm di waktu yang kamu inginkan untuk bangun.

Jangan memasang alarm dalam waktu yang mepet dengan jam masuk kantor. Selain itu, jangan lupa juga untuk memasang alarm berulang kali, jangan hanya satu kali saja. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang sulit untuk bangun pagi. Volume alarm pun harus diatur kencang agar bisa terdengar olehmu.

Baca juga: Cara Hadapi Hari Senin dengan Semangat

Atur pola makan

Atur pola makan
Atur pola makan agar bisa tidur dengan nyenyak. Photo by Pexels

Selain memasang alarm, mengatur pola makan juga akan berpengaruh dengan tidurmu loh. Sebab, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuhmu akan sangat mempengaruhi kinerja tubuh. Maka dari itu, kamu harus biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat. Hindari makanan yang terlalu berminyak atau pedas. Selain itu hindari minuman yang mengandung kafein sebelum tidur.

Utamakan untuk makan sayur dan buah yang bisa membuat tubuhmu tetap sehat. Ditambah dengan banyak-banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Buat suasana kamar tenang

Atur tempat tidur dengan nyaman.
Atur tempat tidur dengan nyaman. Photo by Pixabay

Agar bisa tidur dengan nyaman, sebaiknya kamu mengatur suasana kamar agar lebih tenang. Sebab, kamar harus menjadi tempat yang paling nyaman untuk melepas penat setelah menjalani rutinitas.

Mungkin kamu bisa mengatur AC atau kipas angin sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa memasang musik berirama lembut agar bisa membuat suasana hati lebih rileks. Atau jika memungkinkan kamu bisa pasang aromaterapi agar kamar jadi wangi dan dapat manfaat relaksasi, menenangkan pikiran, dan menghilangkan stres.

Rencanakan kegiatan menyenangkan

Rencanakan hal yang menyenangkan.
Rencanakan hal yang menyenangkan seperti berangkat bareng gebetan. Photo by @joshua_humphrey

Sebelum memutuskan untuk tidur, kamu bisa merencakanan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan yang akan dilakukan esok hari. Misalnya, kamu harus bangun pagi agar bisa mengantarkan gebetanmu. Dengan begitu, kamu akan berpikir untuk tidak bangun kesiangan karena sudah janji untuk mengantarkan si dia di pagi hari.

Alhasil, akan timbul rasa kamu tidak ingin mengecewakannya dengan bangun kesiangan. Akhirnya, nanti akan muncul motivasi untuk tidur lebih awal dan bangun pagi dengan semangat.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa dengan mudah untuk bangun pagi. Ingat, bangun pagi itu memiliki banyak manfaat dan sangat mempengaruhi hari-hari yang rutin dijalani. Dengan bangun pagi, kamu bisa memiliki mood yang positif, meningkatkan rasa percaya diri, punya banyak waktu melakukan hal-hal produktif, sehingga akan berdampak pada kesuksesan kariermu. Semangat terus!

You may also like...

Leave a Reply