5 Jenis Usaha Rumahan yang Menjanjikan

usaha rumahan yang menjanjikan.
Jenis usaha rumahan yang menjanjikan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Dalam memulai suatu usaha, tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Apalagi di masa yang serba online seperti saat ini. Terdapat banyak usaha rumahan modal kecil yang merupakan usaha rumahan yang menjanjikan. Berikut beberapa di antaranya.

Sewa Kamar atau Kos

Kosan yang menguntungkan di ibu kota baru.
Buka usaha kos-kosan. Photo by hipwee

Jika terdapat kamar kosong di rumah, maka bisa disewakan dan akan memberi hasil tambahan uang, bisa disewakan secara mingguan, atau bulanan atau hingga per tahun. Tak perlu modal yang banyak, hanya perlu untuk selalu menjaga kebersihannya serta biaya renovasi yang tidak terlalu besar untuk renovasi kecil jika ada beberapa bagian kamar yang perlu diperbaiki, karena kamar bisa disewakan secara kosongan selain isi full lengkap dengan berbagai fasilitasnya seperti tempat tidur, lemari, meja dan lain sebagainya.

Jasa Penerjemah

usaha rumahan yang menjanjikan.
Jasa penerjemah. Photo by Pixabay

Jenis usaha rumahan yang menjanjikan ini juga tidak perlu model besar. Bagi yang memiliki keahlian menguasai banyak bahasa bisa melakukan bisnis ini dari rumah, secara online maupun offline.

Catering Makanan Sehat

Makanan sehat
Katering makanan sehat atau biasa disebut clean food. Photo by @jeztimms

Bisnis makanan tak akan pernah ada matinya, meski juga saat wabah Covid justru bisnis ini makin berkembang, gunakan wa dan jasa antar delivery makanan agar lancar dan berkembang luas secara pesat. Buat menu makanan yang sehat, trend nya kini sedang mengarah pada makanan yang tak hanya lezat dan enak tapi juga sehat, ini yang akan bisa tinggi harganya dan banyak dicari.

Jual Minuman Sehat

usaha rumahan yang menjanjikan.
Usaha minuman sehat. Photo by Pexels

Di masa wabah Covid ini juga konsumen mencari cara untuk menjaga imunitas tubuhnya yang bisa dipenuhi dengan minuman rempah-rempah dari berbagai rimpang, sehingga sediakan produk untuk mengisi pangsa pasar yang kian hari kian luas dan meningkat ini.

Baca juga: 4 Usaha dengan Modal Kecil tapi Untung Besar

Jual Masker Kain

Strategi manajemen keuangan Usaha Kecil Menengah.
Jual masker. Photo by Pexels

Usaha ini justru tengah booming di masa era wabah Covid 19, jika usaha lain rawan dan justru terhenti di waktu pandemi virus Corona dari Wuhan, RRC ini namun justru usaha ini berkembang pesat. WHO (World Health Organization) telah secara resmi mewajinkan penggunaan masker kain guna mencegah penularan Covid 19. Ini suatu peluang yang sangat bagus sekali.

Buatlah masker kain yang sesuai standar WHO dalam berbagai variasi warna juga motif dan desain, dan dibuat secara masal dengan harga yang terjangkau, seekonomis mungkin, sehingga akan semakin banyak pembelinya, atau sebagai strategi lain bisa jual masker kain dengan desain unik yang khusus sehingga makin sedikit pesaingnya, dan dapat dijual dengan harga khusus pula yang lebih tinggi. Desain khusus tersebut bisa berupa sablon gambar mulut pemesan, atau kain yang dihiasi renda-renda atau sulam bunga-bunga hingga butiran mutiara atau untaian manik-manik secara eksklusif sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi dengan konsumen dari ceruk pasar yang khusus juga.

French Standardization Association atau AFNOR Group menetapkan standar masker kain yang minimal terbuat dari 3 lapis jenis kain, sehingga mampu menyaring partikel udara hingga 70%, dengan lapisan pertama di bagian paling dalam, yang langsung menyentuh mulut serta hidung pemakai masker adalah dari material katun atau cotton blends. Lalu di lapisan kedua, di bagian tengahnya ialah dari material polypropylene atau katun, dan di lapisan bagian terluarnya ialah dari material polypropylene, atau bahan polyester, ataupun gabungan keduanya.
Sebenarnya semakin banyak jumlah lapisan kainnya semakin bagus karena akan semakin rapat dan bisa menyaring partikel udara lebih baik lagi namun seringkali membuat sesak nafas ketika dikenakan. Jadi minimal 3 lapis jenis kain sebagai standar minimalnya. Bisa juga membuat masker kain untuk anak-anak bergambar kartun. Masker kini juga telah menjadi pelengkap pakaian, seperti sabuk, tas atau sepatu atau topi dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa jenis usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa kamu coba.

Mungkin Anda juga menyukai