Ulasan Bisnis Produk Halal yang Harus Anda Tahu

Bisnis produk halal.
Bisnis produk halal. Photo by Viva
Waktu baca: 3 menit

Bisnis produk halal kini mulai jadi primadona para pengusaha. Selain karena pasar yang luas, bisnis ini juga didukung oleh kebijakan pemerintah. Tidak heran, jika bisnis ini dinilai sebagai bisnis yang menjanjikan dan akan terus berkembang. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan bisnis tersebut? Bisnis produk halal merupakan sebuah bisnis yang menawarkan produk halal sebagai objek usahanya. Kemudian, apa itu produk halal? Produk halal adalah produk yang pembuatannya sesuai dengan syariat Islam. Artinya, bahan pembuatan produk, proses pembuatan, dan kegunaan produk tersebut tidak melanggar syariat Islam.

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa bisnis produk halal mempunyai pasar yang luas. Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim menjadi pasar produk halal yang menjanjikan. Produk halal selalu dibutuhkan oleh banyak masyarakat di Indonesia. Mulai dari makanan, minuman, make-up, cinderamata dan lain sebagainya. Selain itu, dengan adanya bisnis ini di Indonesia diharapkan dapat menarik minat para wisatawan Muslim asing ke Indonesia. Dengan begitu, jenis bisnis tersebut dapat meningkatkan perekonomian di negara Indonesia.

Macam-macam Bisnis Produk Halal

Terdapat berbagai macam dari bisnis jenis ini yang bisa kamu lirik. Masing-masing dari bisnis tersebut pastinya mempunyai peluang dan hambatannya masing-masing Oleh karena itu, kamu harus cermat ketika akan memilih produk halal yang akan dijadikan bisnis. Kamu harus benar-benar memahami mengenai produk halal yang dipilih. Dengan begitu, kamu dapat membuat keputusan dalam setiap langkah bisnis kamu. Berikut beberapa macam bisnis produk halal yang bisa kamu jadikan alternatif untuk berbisnis:

Makanan Halal

Bisnis produk halal
Bisnis makanan halal. Photo by Dream

Bisnis makanan atau kuliner memang sebuah bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, produk ini selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya sertifikasi halal pada sebuah makanan, membuat makanan tersebut memiliki nilai kepercayaan yang tinggi di masyarakat. Masyarakat akan lebih percaya terhadap kebersihan dan keamanan makanan tersebut untuk dikonsumsi. Pasar untuk bisnis makanan halal sangat luas terutama di Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Kamu hanya perlu memberikan kualitas dan melihat kebutuhan masyarakat.

Minuman Halal

Bisnis produk halal
Bisnis minuman halal. Photo by Kompas

Bisnis minuman halal hampir sama dengan bisnis makanan halal. Dengan adanya sertifikasi halal pada minuman maka akan menambah nilai tersendiri bagi produk tersebut. Saat sebuah minuman telah memiliki sertifikasi halal, maka bisa dipastikan bahwa bahan-bahan yang berkaitan dengan minuman tersebut halal. Ini tentu bisa membentuk kepercayaan pada masyarakat sehingga produk kamu lebih mudah diterima pasar, terutama di kalangan umat muslim.

Akan tetapi, jika melakukan bisnis minuman halal, kamu harus lebih jeli dan menganalisis jenis minuman yang banyak dibutuhkan masyarakat. Tidak semua jenis minuman disukai oleh masyarakat Indonesia. Pastikan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Dengan begitu, bisnis minuman yang kamu pilih bisa diminati oleh banyak pelanggan.

Make-up Halal

Bisnis kosmetik halal
Buat brand kosmetik halal. Photo by @elementdigital

Make-up merupakan sebuah produk yang sering digunakan oleh hampir setiap wanita. Namun, tidak semua make-up yang beredar di pasaran memiliki sertifikasi halal. Selain itu, banyak make-up yang beredar memiliki kemampuan water resistant. Hal ini membuat orang yang menggunakan make-up harus menghapus make-upnya terlebih dahulu sebelum berwudhu. Oleh karena itu, make-up halal dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Make-up halal dapat menyerap air ketika digunakan. Dengan begitu, ketika akan berwudhu, tidak usah menghapus make-up terlebih dahulu.

Baca juga: Inilah 4 Cara Memulai Bisnis Kosmetik Halal

Demikian ulasan seputar bisnis produk halal. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa.

Mungkin Anda juga menyukai