SEMATA, Tas Handmade Fleksibel untuk Semua Kalangan

Semata
Semata, Tas Handmade untuk semua kalangan. Photo by KlikCair
Waktu baca: 2 menit

Dalam membuat suatu produk untuk dijual, tentunya yang diutamakan ialah fungsi dan kegunaan. Jika fungsi dan kegunaannya makin banyak maka bisa jadi produk tersebut akan dilirik oleh konsumen. Terlebih jika produk itu bisa dipakai oleh semua kalangan tanpa memandang gender dan umur. Seperti halnya tas handmade yang dibuat oleh SEMATA.

SEMATA merupakan sebuah bisnis handcraft yang dimiliki oleh Krisma Bela. Bisnis handcraft yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2018. Namun karena pada saat itu sang owner masih bekerja sebagai admin gudang yang membuatnya tidak terlalu fokus. Hingga pada Agustus 2019, Krisma Bela mulai fokus untuk membangun SEMATA.

Awal Mula

Krisma Bela merupakan lulusan dari jurusan tata busana. Dengan latar belakang yang memang bisa menjahit, Bela memutuskan untuk membuat sebuah produk yang bisa digunakan oleh semua orang.

“Saya terpikirkan ide untuk membuat suatu produk yang fleksibel untuk semua kalangan dan akhirnya saya memutuskan untuk membuat tas handmade,” kata Krisma Bela kepada KlikCair.

Bela juga mengaku bahwa ide membuat usaha tas handmade itu tak lepas dari inspirasi beberapa brand lokal yang ada. Salah satunya ialah Clea by Rocha Halo Bale. Menurut Bela, brand lokal tersebut sangat menginspirasinya untuk menjalankan SEMATA ini.

Tantangan dan Keunggulan

Hingga sekarang, seluruh pengerjaan bisnis SEMATA mulai dari proses produksi hingga pemasaran masih dilakukan oleh Bela sendiri. Namun, saat ini ia mengaku akan lebih fokus untuk mengenalkan brand SEMATA di kalangan masyarakat.

Baca juga: Begini Cara Promosi Melalui Instagram Agar Jualan Laris

“Saat ini saya masih mengerjakan semuanya sendiri dan masih terus berusaha agar SEMATA dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Maka dari itu, saya sedang berusaha untuk lebih giat mempromosikan produk yang saya miliki ini” ujarnya.

Meski lebih fokus ke pemasaran, Bela juga mengaku tidak melupakan proses produksi tas handmade SEMATA yang ia lakukan sendiri. Meski dikerjakan sendiri, produk yang dihasilkan memiliki jahitan yang kuat dan kualitas yang tidak kalah dari brand-brand top lokal lainnya.

Jangan takut untuk memulai usaha karena jika memang ada niat yang kuat saya percaya Tuhan akan mempermudah kita.

Informasi lebih lanjut:

Alamat: Jl. Ampera Gang Sawo, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Kontak: 6281298067899 (WhatsApp)
Social Media: @disemata_ (Instagram)

Mungkin Anda juga menyukai