Papercraft_PWT, Jawaban Keresahan Agung Cari Kado Unik

Papercraft_PWT, usaha ukir kertas milik Agung.
Papercraft_PWT, usaha ukir kertas milik Agung. Photo by KlikCair
Waktu baca: 2 menit

Setiap momen indah seperti saat ulang tahun, wisuda, atau bahkan pernikahan, pasti ada orang yang ingin memberikan kado. Kado yang diberikan pun beragam, ada yang hanya memberikan kado biasa-biasa saja, adapula yang memberikan kado yang unik dan berkesan.

Adapun Agung, merasa resah saat ingin memberikan kado kepada teman dekatnya yang pada saat itu akan wisuda. Lalu, jawaban atas keresahannya malah membuat Agung mendirikan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk kreatif berbahan dasar kertas yang bernama PapercraftPWT. Simak kisah lengkapnya.

Jawaban Keresahan Cari Kado Unik

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, PapercraftPWT berdiri karena Agung bingung ingin memberikan kado apa kepada teman dekatnya yang saat itu wisuda.

“Saya ingin memberikan hadiah yang berkesan sekaligus murah. Karena saat itu saya belum bekerja dan memiliki penghasilan tetap,” ujar Agung kepada tim KlikCair.

Meski mencari yang murah, namun tetap terlihat eksklusif saat sudah diberi hiasan atau bingkai. Dengan keinginannya itulah Agung teringat pernah menonton salah satu acara stasiun TV swasta yang mengangkat tema ukiran kertas. Saat itu, bintang tamunya ialah Dewi Kocu, orang yang menjadi penggagas ukiran kertas pertama di Indonesia.

Pada acara itu, Dewi Kocu mengungkapkan bahwa 1 karya yang dijualnya bisa mencapai Rp 1 juta. Setelah mendengar itu, Agung mulai mencoba untuk meriset produk tersebut. Hingga pada Mei 2018, Agung memutuskan untuk mendirikan PapercraftPWT dan mulai berjualan untuk khalayak umum.

Baca juga: 5 Nasihat Agar Pebisnis Semakin Untung di 2020

Tantangan PapercraftPWT

Setelah Agung menjalankan bisnisnya, ia mulai menghadapi beberapa tantangan. Di antaranya ialah terkadang ia merasa pengembangan produk yang ia lakukan masih tertahan di situ-situ saja. Terlebih, terkadang produk yang sedang diriset itu butuh waktu yang cukup lama untuk menemukan formula yang sesuai. Apalagi Agung merasa saat terjun di dunia bisnis kreatif, ia terus dituntut untuk selalu melakukan sebuah inovasi baik itu dari segi produk maupun layanan.

Selain itu, ternyata masih banyak customer salah pengertian tentang papercutting, bisnis yang Agung jalani tersebut. Banyak yang masih menganggap bahwa prduknya berupa lukisan atau hasil foto yang sudah diedit lalu dicetak. Padahal kenyataannya, produk dari PapercraftPWT sendiri merupakan ukiran dari kertas.

Dengan tantangan yang ada tersebut, maka dari itu Agung sedang mencoba untuk memberikan edukasi tentang papercutting kepada masyarakat. Ia juga sedang menyiapkan beberapa produk baru yang akan keluar setiap bulannya. Selain itu, Agung juga sedang mencari bahan selain kertas yang bisa ia jadikan produk terbaru untuk inovasinya.

Mulai aja dulu, nikmati prosesnya.

Untuk informasi lebih lanjut:

Alamat: Jalan Raden patah 47 RT 03 RW 01 Dukuhwaluh, Kembaran, Banyumas
Kontak: 085778170941
Instagram: @papercraft_pwt

Mungkin Anda juga menyukai