Kertasbykarls, Hasil Eksplorasi Karlina dalam Dunia Craftmanship

Kertasbykarls, eksplorasi Karlina.
Kertasbykarls, Hasil Eksplorasi Karlina dalam Dunia Craftmanship. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Bisnis biasanya berawal dari ide-ide kreatif yang berhasil dijalankan. Termasuk Kertasbykarls, yang merupakan hasil eksplorasi dari Karlina Satrioputri dalam dunia kerajinan tangan. Meski di mata masyarakat Indonesia dunia kerajinan tangan masih fluktuatif, ada kalanya berjaya, ada kalanya meredup, namun hal itu tidak mematahkan semangat dari seorang perempuan hebat ini.

Kertasbykarls sendiri merupakan salah satu jenis bisnis dalam bidang desain produk yang ditekuni oleh Karlina sejak September 2016. Berawal dari keinginannya untuk mengeksplor dunia craftmanship buku dan grafis secara bersamaan, ia mulai belajar secara online dan membaca berbagai macam buku rujukan yang berkaitan. Ia juga sempat membuat bermacam-macam notebook saat masih berkuliah di jurusan Arsitektur Interior.

Setelah belajar dan mempersiapkan bisnisnya dalam 2 bulan, pada bulan selanjutnya Karlina meluncurkan bisnisnya dengan peralatan sederhana dan ilmu yang sudah dipelajarinya baik dari internet ataupun buku-buku yang sudah dibacanya.

Tantangan Kertasbykarls

Setiap bisnis sudah pasti memiliki tantangan yang harus dihadapi. Begitu pula dengan bisnis yang dijalankan oleh Karlina ini. Ia harus bisa meningkatkan kedisiplinan dan fokus dalam menjalankan Kertasbykarls. Apalagi, sebagai seorang solopreneur yang bekerja keras dalam menjalankan bisnisnya, Karlina masih harus banyak belajar berbagai hal.

Baca juga: 5 Nasihat Agar Pebisnis Semakin Untung di 2020

Beberapa di antaranya ialah tentang pengelolaan keuangan dan karyawan. Meski sudah memiliki 2 karyawan tidak tetap, ia menceritakan bahwa ia merasa masih belum terlalu mampu untuk mengatur dan mengelola dengan baik. Bahkan, dalam pengelolaan keuanganpun masih belum terlalu baik karena memang ia tidak memiliki latar belakang dalam bidang keuangan. Maka dari itu, pekerjaan rumah baginya ialah mempelajari banyak hal agar Kertasbykarls ini bisa berjalan sesuai dengan keinginannya.

Keunggulan produk Kertasbykarls

Saat ini, Kertasbykarls masih berfokus pada produk unggulannya yang berupa notebook atau buku catatan/buku sketsa yang dibuat dengan jahitan tangan dan desain ilustrasi orisinal. Dengan kelebihan produk yang menggunakan jilid manual saddle stitch & coptic sticth membuat konstruksi jahitannya kuat.

Selain itu, pelanggan bisa melakukan kostumisasi dengan memilih jenis desain, jenis jilid, dan jenis kertas sendiri. Sampul depan dan belakang buku bisa diisi dengan kata-kata kutipan atau nama sesuai keinginan dari pelanggan. Sehingga, produk ini sangat cocok untuk kado spesial bagi orang yang spesial seperti teman atau keluarga.

Selanjutnya, Karlina mengaku akan mencoba untuk mengembangkan produk lain dan mengeksplor lebih banyak hal lagi.

“Rencananya Kertasbykarls akan mengembangkan produk-produk lainnya dan mengeksplor berbagai kemungkinan di luar desain notebook dan craft lainnya,” ujar Karlina.

Konsisten, kreatif dan terus berusaha. Tiga kata ini yang dimiliki oleh seorang pengusaha yang ingin merintis usaha dari kecil. Tidak ada kata terlambat jika ingin memulai sesuatu yang baru. Percayai instingmu!

Untuk informasi lebih lanjut:
No. Telp: 085716048311 (WA)
Socmed: @kertasbykarls (instagram & facebook)

Mungkin Anda juga menyukai