Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Bisnis Peternakan

Bisnis peternakan
Bisnis peternakan. Photo by Pixabay
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 4 menit

Bisnis peternakan merupakan bisnis yang menjanjikan. Untuk memulainya, tidak bisa asal terjun. Kamu harus punya kemampuan dalam bidang tersebut supaya bisa menjalankan bisnis ini dengan baik. Bisnis ini bisa dibilang sebagai bisnis yang sudah dilakukan sejak lama dan hingga sekarang tetap menjadi primadona. Perkembangan bisnis yang berhubungan dengan hewan ini sangat baik dan tentunya memiliki peluang menjanjikan di masa mendatang.

Di Indonesia sendiri, bisnis berbau hewan ini dibilang masih belum bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya. Tidak jarang, negara harus mengimpor beberapa produk peternakan yang sebenarnya sangat potensial jika dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu, jika kamu akan menjalankan bisnis ini, peluang emas akan menantimu.

Macam-macam Bisnis Peternakan

Semua jenis bisnis yang identik dengan hewan ini mempunyai peluang dan hambatannya masing-masing. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tentang peluang dan hambatan jenis bisnis perternakan yang akan kamu pilih. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis tersebut dengan benar. Berikut beberapa macam bisnis peternakan yang dapat dijadikan alternatif pilihan:

Baca juga: Seberapa Tahu Kamu Tentang Prospek Bisnis Peternakan?

Peternakan Ayam

Bisnis peternakan
Peternakan ayam pedaging. Photo by Hipwee

Peternanakan ayam merupakan salah satu alternatif yang dapat kamu pilih. Terdapat dua jenis peternakan ayam yakni peternakan ayam potong dan peternakan ayam petelur. Peternakan ayam potong merupakan peternakan ayam yang produk utamanya berupa daging ayam. Sedangkan peternakan ayam petelur merupakan peternakan yang produk utamanya merupakan telur ayam.

Meski sudah banyak orang yang terjun ke bisnis peternakan ayam, namun peluang akan selalu ada. Seperti yang kamu tahu, kebutuhan akan daging ayam dan telur ayam di Indonesia begitu tinggi, hampir setiap hari masyarakat Indonesia mengonsumsi daging ayam dan telur ayam. Oleh karena itu, peternakan ayam dapat menjadi pilihan kamu untuk melakukan bisnis peternakan.

Peternakan Kambing

Prospek bisnis peternakan
Peternakan kambing. Photo by @jarrensimmons47

Peternakan kambing dapat menjadi alternatif selanjutnya yang dapat kamu pilih. Permintaan terhadap daging kambing juga tidak kalah besar dengan daging ayam. Ketika musim kurban, permintaan terhadap daging kambing meningkat berkali-kali lipat sehingga bisnis peternakan kambing menjadi bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan.

Untuk menjalankan bisnis peternakan kambing memang tidak mudah. Kamu harus punya sejumlah kemampuan yang berkaitan dengan bisnis ini supaya saat menjalankannya, kamu setidaknya bisa mengatasi masalah yang datang dengan lebih baik.

Peternakan Sapi

Prospek bisnis peternakan
Peternakan sapi. Photo by Jawapos

Peternakan sapi juga tidak kalah menjanjikan. Permintaan daging sapi biasanya banyak datang dari hotel, rumah makan, dan ibu rumah tangga. Dengan permintaan terhdap daging sapi yang semakin meningkat, bisnis peternakan sapi merupakan bisnis yang mempunyai peluang yang besar.

Selain sapi potong, peternakan sapi perah juga tidak kalah menjanjikan. Jumlah permintaaan terhadap susu sapi sangatlah besar. Akan tetapi, bisnis jenis ini memerlukan modal yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bisnis pternakan kambing maupun bisnis peternakan ayam.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum mulai membuka bisnis peternakan, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan agar bisnis kamu dapat berjalan dengan baik. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis peternakan.

Bibit Ternak

Bisnis peternakan
Pemilihan bibit ternak yang baik. Photo by BudidayaTernak

Bibit ternak yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Oleh karena itu, kamu harus meperhatikan bibit ternak kamu. Kamu harus membeli bibit ternak yang unggul dan berkualitas. Sehingga, bbisnis peternakan yang Anda jalankan dapat menghasilkan produk yang berkualitas.

Lokasi dan Kebersihan Kandang

Kandang ternak
Pemilihan kandang yang tepat. Photo by Bertaniorganik

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah lokasi dan kebersihan kandang. Kamu harus menempatkan lokasi peternakan di tempat yang cukup jauh dari permukiman penduduk. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari polusi udara dari bau kotoran hewan ternak kamu. Kebersihan kandang juga harus selalu dijaga oleh pemilik para pemilik bisnis peternakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tersebarnya penyakit yang disebabkan oleh hewan ternak.

Makanan dan Vitamin Ternak

Vitamin ternak
Pemberian vitamin pada ternak. Photo by Hobi Ternak

Pemberian makanan dan vitamin kepada hewan ternak juga harus diperhatikan. Makanan yang diberikan harus merupakan makan yang berkulaitas tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya makanan ternak dibeli dari pemasok konsisten memberikan produk yang berkualitas. Pemberian vitamin juga harus rutin dilakukan. Hal ini berguna untuk menunjang pertumbuhan hewan ternak.


Demikian beberapa ulasan tentang bisnis peternakan, semoga dapat menambah pengetahuan kamu.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...