Cari Tahu Tips-Tips Sehat Menjalani Puasa

Tips sehat menjalani puasa.
Tips sehat menjalani puasa. Photo by Detik
Waktu baca: 3 menit

Bagaimana puasa hari ini? Apakah lancar? Bulan puasa merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada bulan puasa, umat Muslim diharuskan untuk berpuasa, dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari. Hal ini membuat pola makan berubah dan tentunya, tubuh pun akan menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Akan tetapi, jika kamu salah dalam mengambil tindakan, bisa saja malah berakibat tidak baik. Kesehatan kamu akan terganggu, alhasil puasa kamu pun tidak akan berjalan dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus tetap menjaga kesehatan. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini tips sehat selama menjalani puasa:

Hindari Terlalu Banyak Mengonsumsi Es

Tips sehat menjalani puasa.
Kurangi minum es. Photo by Tribunnews

Meskipun kebanyakan makanan saat bulan puasa sangat bervariasi termasuk banyak makanan atau minuman yang mengandung es, namun sebaiknya kamu hindari makanan atau minuman tersebut. Minimal, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung es ya. Apa lagi, jika kamu memiliki riwayat sakit gigi. Maka mengonsumsi es akan membuat gigi kamu lebih sensitif dan mudah kambuh kembali. Tentu akan menjadi sangat repot bukan jika menjalani puasa malah terserang sakit gigi? Jadi, jangan terlalu banyak mengonsumsi es ya. Karena bukan hanya itu saja, ketika kamu memiliki riwayat penyakit seperti batuk atau pilek juga akan menjadi tambah parah jika terlalu banyak mengonsumsi es.

Baca juga: Cari Tahu Biaya Siapkan Menu Sahur Hemat Tapi Sehat (Part 1)

Rajin Menjaga Kebersihan Diri

Tips sehat menjalani puasa.
Jaga kebersihan diri. Photo by @curology

Menjaga kebersihan diri seperti mandi dengan sabun serta rajin cuci tangan juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh kamu tinggalkan di bulan puasa ini. Lemas, lesu dan malas bergerak atau mager jangan kamu jadikan alasan untuk tidak menjaga kebersihan diri ketika melakukan ibadah puasa. Malahan, dengan mandi dua kali sehari dan rajin mencuci tangan membuat kamu menjadi lebih segar dan tidak lemas ketika menjalani ibadah puasa lho. Jadi, jangan malas untuk membersihkan diri ketika berpuasa ya.

Mengonsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin.
Mengonsumsi vitamin. Photo by Pexels

Kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin pada saat berbuka dan sahur. Hal ini untuk menjaga imun tubuh kalian supaya tetap terjaga di bulan puasa kali ini. selain dengan mengonsumsi langsung vitamin yang bisa didapatkan di apotek, kamu juga dapat mengonsumsi vitamin melalui bahan makanan yang menyediakan vitamin di dalamnya seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lain sebagainya. Jika kebutuhan vitamin kamu terpenuhi, maka kamu tidak akan mudah terserang penyakit. Sebagai contohnya mengonsumsi vitamin C untuk menghindari bibir pecah-pecah yang rentan terjadi pada seseorang yang menjalankan ibadah puasa.

Tetap Berfikir Positif

Masa depan lebih cerah dengan financial check up
Tetap berpikir positif. Photo by @allentaylorjr

Jangan terlalu memikirkan hal-hal berat serta selalu berfikiran positif mengenai semua permasalahan yang kamu hadapi ternyata juga mampu menunjang kesehatan saat menjalankan ibadah puasa. Kenapa? Dengan membiasakan diri untuk berfikiran positif maka akan menghindarkan kamu dari emosi tubuh belebih sehingga menjauhkan diri dari risiko stres yang tentunya sangat membahayakan kesehatan tubuh. Maka dari itu, supaya ibadah puasa kamu dapat berjalan dengan lancar, usahakan untuk menjalaninya dengan senang hati, terus berfikir positif, dan menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi dengan pemikiran jernih sehingga dapat mengurangi beban berat yang kamu hadapi.

Demikian tips-tips sehat selama menjalani puasa yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai cara asik ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Mungkin Anda juga menyukai