Cari Tahu! Dampak Corona Terhadap Kehidupan Manusia

Dampak corona bagi kehidupan.
Dampak corona bagi kehidupan. Photo by Suara
Waktu baca: 3 menit

Dewasa ini, siapa yang tidak tau dan mengerti perihal virus corona. Salah satu virus yang menyerang saluran pernafasan pada semua orang di dunia yang wajib diwaspadai. Banyak dampak yang ditimbulkan dari virus corona yang mengancam kehidupan manusia hampir di segala bidang. Mulai dari kesehatan, bidang sosial, dan juga ekonomi masyarakat secara keseluruhan atau global.

Hampir semua orang juga tahu bahwa virus corona sendiri merupakan wabah penyaki yang berasal dari China yang terkenal dengan negara dengan penduduk sangat padat. Sehingga, penyebaran wabah pun sangat cepat dan mengakibatkan berbagai macam dampak seperti di bawah ini.

Dampak Corona Terhadap Kesehatan

apa itu virus corona
Dampak terhadap kesehatan. Photo by Pixabay

Ancaman kesehatan yang sedang ramai diperbincangkan saat ini adalah tentang kesehatan seseorang yang diperjuangkan melawan virus bernama corona. Virus ini menyebabkan orang yang diserangnya mengalami gangguan pernapasan. Kamu juga perlu tahu bahwa jika gejala belum berakhir, maka ini waktunya pasien terkena kasus harus mulai masuk perawatan rumah sakit yang dapat dirujuk di rumah sakit terdekat. Terutama untuk pasien yang alami kasus parah atau setara dengan 15% dari kasus akan alami gangguan pernapasan akut karena cairan mulai penuhi paru-paru orang tersebut.

Jika nantinya gejala makin parah dan tidak ada progres penyembuhan, pasien akan masuk ke ruang ICU karena akan alami turunnya nafsu makan dan sakit di bagian abdominal orang tersebut. Bahkan, perlu diperhatikan bahwa tingkat kasus bukan lagi ringan, namun berat dengan rerata tingkat kematian sampai saat ini berada di angka 2%. Pada umumnya, pasien akan mulai menunjukkan tanda penyembuhan setelah 2,5 pekan mendapat perawatan intensif oleh pihak kesehatan yang merawatnya.

Dampak Corona Terhadap Ekonomi

Dampak corona
Dampak corona terhadap ekonomi. Photo by Detik

Selain memberikan dampak yang sangat terlihat di bidang kesehatan, corona juga memberikan dampak ekonomi bahkan secara global dan tidak main-main. Dampak perekonomian yang akan menyerang dunia akibat virus corona berkisar US$77 milliar sampai dengan nilai yang menunjukkan angka US$347 milliar sesuai dengan perhitungan ADB yang terhitung secara global. Angka tersebut setara dengan 0,1% sampai 0,4% PDB keseluruhan atau global.

Bagaimana perhitungan untuk negara-negara berkembang?

Untuk negara-negara berkembang seperti di Asia, diprediksi akan mengalami kerugian sebesar 0,24% jika dipertimbangkan menggunakan scenario moderat yang setara dengan US$22 milliar besarnya.

Dalah hal ini sudahkah kamu tahu bahwa potensi kehilangan ekonomi dunia dalam scenario moderat mencapai US155 miliar dan China sendiri US$103 miliar. Jika ditinjau dari skenario buruk, maka potensi kerugian dunia atau secara global mencapai US$346. Sedangkan, untuk asalnya sendiri, angka-angka tersebut berasal dari potensi kerugian di China yang mencapai angka hingga sebesar US$ 236 miliar, negara Asia non-China hingga mencapai US$42 miliar, sisanya dari negara-negara lain sebesar US$68 miliar secara total.

Baca juga: Cek! Dampak Corona Terhadap Ekonomi Dunia

Dampak Corona Bagi Kegiatan Sosial

Kerja sama yang menguntungkan.
Dampak corona terhadap kegiatan sosial. Photo by Pexels

Hampir semua orang melakukan kegiatan-kegiatan passif atau sebisa mungkin meminimlaisir pertemuan dengan orang lain sebab untuk berjaga-jaga dan mencegah tertularnya Covid-19 ini. Tentu kegiatan sosial tidak dapat berlangsung seperti semula dan membuat semua orang dianjurkan untuk menjaga diri di dalam rumah sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah. Akibatnya, interaksi juga tidak dapat berjalan secara intensif dan kebanyakan kegiatan formal kini dialihkan melalui daring atau dilakukan secara jarak jauh. Hal ini dilakukan juga demi kebaikan bersama untuk lebih bijak dalam menyikapi wabah corona saat ini.

Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan untuk kamu. Jangan lupa untuk tetap bijak dalam menghadapi virus corona, semoga keadaan semakin membaik dan jaga kesehatan selalu.

Mungkin Anda juga menyukai