Arti Kode Referral: Pengertian, Kegunaan, dan Keuntungannya

berbagi kode referral
Arti Kode Referral: Pengertian, Kegunaan, dan Keuntungannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu pernah menggunakan kode referral? Kali ini akan membahas mengenai arti kode referral supaya kamu bisa mengetahuinya dengan jelas. Pastikan kamu memahami penggunaan kode referral supaya bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. 

Pengertian Kode Referral

Kode referral adalah sebuah kode yang diberikan kepada calon customer. Kamu bisa mendapatkannya ketika mengikuti event tertentu. Kamu juga bisa mendapatkan kode tersebut dari teman dekat kamu. Pada intinya kode tersebut dapat kamu gunakan untuk mendapatkan promo.

Tujuan utama dari kode referral tersebut adalah untuk mempromosikan suatu produk. Kamu bisa mendapatkan diskon jika membeli produk tersebut. Cara ini banyak digunakan supaya bisa menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk.

Kamu bisa menggunakan kode referral tersebut berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan. Kamu tidak bisa menggunakan kode tersebut untuk membeli produk yang tidak sesuai dengan ketentuan. Hal ini perlu diperhatikan supaya kode referral tersebut bisa digunakan.

Kegunaan Kode Referral

Kamu perlu tahu, bahwa kode referral memiliki kegunaan yang bagus untuk perkembangan bisnis. Kode ini dapat kamu gunakan sebagai media promosi. Beberapa kegunaan kode referral yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

  • Media Promosi

Setelah mengetahui apa itu kode referral. Kamu pasti setuju bahwa kode referral bisa digunakan sebagai media promosi yang ampuh. Orang-orang akan tertarik untuk membeli produk karena mendapat diskon dengan menggunakan kode referral tersebut.

Pelanggan akan senang jika mendapatkan diskon. Hal ini menjadi salah satu cara supaya produk tersebut dibeli oleh pelanggan. Dapat dikatakan bahwa kode referral ini bisa menjadi daya tarik supaya pelanggan membeli produk untuk pertama kalinya.

Jika sudah mencoba dan produk tersebut memiliki kualitas yang bagus. Maka, tidak akan sulit untuk membuat pelanggan membeli produk kembali. Kamu akan diuntungkan hanya dengan memberikan promo di awal pembelian.

  • Pengembangan Produk

Kode referral juga bisa digunakan untuk melakukan pengembangan produk. Misalnya, kamu ingin membuat produk baru, maka kamu bisa melakukan survey kepada pelanggan yang sudah memiliki kode referral.

Hasil survei tersebut dapat digunakan untuk mengetahui kebutuhan produk pelanggan. Jika sudah rilis, maka kamu bisa memberikan kode referral untuk pembelian produk terbaru. Cara ini akan memudahkan kamu untuk mengembangkan produk terbaru.

  • Menambah Target Pasar

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kode referral untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Kamu bisa memanfaatkan pelanggan yang sudah ada. Silakan untuk memberikan kode referral pada setiap pelanggan. 

Kamu bisa meminta pelanggan yang sudah memegang kode referral untuk memasarkan produk kamu. Cara ini banyak dilakukan untuk menambah target pasar yang lebih luas. Kamu tidak akan dirugikan dengan menggunakan cara ini karena bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Refund dan Syarat Untuk Melakukannya

Jenis-Jenis Kode Referral

Jika kamu ingin memahami dengan baik arti kode referral. Maka, kamu perlu mengetahui jenis-jenis kode referral. Terdapat dua jenis kode referral yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

  • Rented Referral

Kode rented referral adalah kode yang biasanya digunakan untuk orang sudah mendaftar menjadi member. Biasanya kamu akan mendapatkan ini jika sudah menjadi pelanggan tetap di suatu toko tertentu.

Kamu bisa menjadi salah satu agen promosi di perusahaan tersebut. Misalnya yang banyak ditemukan sekarang adalah kode referral aplikasi tertentu. Jika seseorang membeli produk atau masuk ke aplikasi dengan menggunakan kode referral kamu, maka kamu akan mendapatkan poin.

Biasanya penggunaan renten referral pada perusahaan tertentu dilakukan secara hati-hati. Penggunaan kode referral ini yaitu bersifat sewa sehingga perusahaan akan membayar setiap penggunaannya. Jadi, perusahaan akan melakukan cek kode referral di setiap penggunaannya.

  • Direct Referral

Kode direct referral adalah kode yang proses pendaftarannya dilakukan pada website tertentu. Kamu bisa mendaftar dengan menggunakan link yang diberikan oleh orang lain. Cara ini banyak dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Kamu bisa membagikan link kode referral di sosial media kamu. Jika ada teman yang tertarik untuk menggunakannya, maka kamu akan menjadi referral. Sedangkan, teman kamu akan menjadi upline. Hal ini tentu akan menguntungkan kamu sebagai pemberi kode referral.

Pengelolaan direct referral tidak memerlukan biaya. Sistem ini dapat bekerja secara otomatis sehingga mudah untuk digunakan. Kamu bisa mencoba menggunakan kode referral ini supaya bisa mendapatkan keuntungan dan meningkatkan penjualan produk.

Keuntungan Kode Referral Untuk Konsumen

Selain perusahaan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan kode referral sebagai media promosi. Konsumen juga bisa mendapatkan keuntungan. Jadi, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mendapatkan kode referral. 

Kamu bisa mendapatkan kode referral dengan cara menjadi pelanggan di toko tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti event tertentu supaya bisa mendapatkan kode tersebut. Jika kamu memiliki kode referral, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan, sebagai berikut:

  • Mendapatkan Diskon

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan adalah kamu akan mendapatkan diskon pada pembelian produk. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena kamu bisa membeli produk dengan harga yang lebih murah.

Mendapatkan diskon menjadi salah satu daya tarik yang bisa membuat konsumen senang. Bahkan, konsumen bisa membeli produk lebih banyak karena tidak ingin menyia-nyiakan diskon yang diperoleh.

  • Hemat

Jika kamu memiliki kode referral maka kamu bisa berhemat. Hal ini tentu menjadi kabar baik untuk kamu karena bisa membeli produk dengan hemat. Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk membeli produk yang lain dengan sisa uang yang kamu miliki.

Tentu saja, hal ini akan memberikan keuntungan yang baik bagi konsumen. Jika konsumen mendapatkan keuntungan dengan membeli produk, maka perusahaan bisa mendapatkan pelanggan yang setia.

  • Bisa Menjadi Agen Promosi

Beberapa perusahaan akan memberikan kode referral kepada pelanggan supaya bisa digunakan untuk mengajak pelanggan yang lain. Cara ini tentu akan menguntungkan konsumen karena bisa mengajak konsumen lain dan mendapatkan hadiah atau poin.

Jika kamu memiliki poin yang banyak, maka kamu bisa mendapatkan produk gratis. Hal ini dapat disesuaikan dengan kesepakatan perusahaan. Jadi, kamu bisa mengajak orang lain untuk membeli produk dengan menggunakan kode referral kamu supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Cara ini bisa dipelajari dengan melihat cara kerja kode referral Tiktok atau kode referral aplikasi yang lain. Jika seseorang berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan tiktok atau aplikasi tertentu dengan menggunakan kode referral kamu. Maka, kamu akan mendapatkan poin.

Beberapa e-commerce juga menggunakan cara ini untuk mendapatkan pelanggan. Semakin banyak orang yang berbelanja dengan menggunakan kode referral kamu, maka kamu bisa mendapatkan berbagai hadiah. Jadi, kode referral ini sangat menguntungkan bagi konsumen.

Demikianlah pembahasan mengenai arti kode referral yang perlu diketahui. Pastikan kamu memanfaatkan kode referral dengan baik. Selamat mencoba semoga beruntung.

Mungkin Anda juga menyukai