4 Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran

kelola keuangan jelang lebaran
Tips kelola keuangan jelang lebaran. Photo by Akurat
Waktu baca: 3 menit

Ketika bulan puasa tiba, selain mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah dengan khusyuk, kamu juga harus memperhatikan banyak hal termasuk hal-hal yang berpengaruh dalam mengatur keuangan jelang lebaran. Pasalnya, terdapat beberapa pengeluaran yang nantinya menghadang keuanganmu sehingga jika hal ini diabaikan, maka akan memberikan dampak buruk yang mengancam keuangan kamu ketika jelang lebaran nanti. Oleh sebab itu, memperhatikan beberapa hal dalam kelola keuangan kali ini menjadi salah satu pengetahuan yang wajib kamu ketahui supaya keuanganmu dapat terkontrol dengan baik. Penasaran? Yuk langsung saja simak penjelasan mengenai tips mengatur keuangan jelang lebaran di bawah ini.

Berhemat dengan Memanfaatkan Diskon dan Promo Lebaran

mengatur keuangan jelang lebaran
Manfaatkan promo dan diskon menjelang lebaran. Photo by Antara

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kelola keuangan saat lebaran adalah dengan berhemat. Nah, berhemat kali ini dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan diskon dan promo-promo yang ada. Mengingat ketika pulan puasa tiba, tentu banyak sekali tersedia promo lebaran yang jangan sampai dilewatkan. Mulai dari bahan makanan, aksesoris rumah tangga, hingga promo baju lebaran. Umumnya, promo atau diskon ini lebih banyak dijumpai pada toko-toko online sehingga dapat dengan mudah untuk dipantau. Dengan demikian, ketika hendak membeli suatu barang yang dibutuhkan, usahakan mencari yang disertai diskon atau promo untuk lebih hemat dalam mengelola keuangan jelang lebaran ya.

Baca juga: Yuk Cek Biaya Siapkan Hidangan Lebaran (Part 1)

Pandai-Pandai Mencari Pemasukan Tambahan

Bisnis sampingan
Bisnis sampingan bisa menambah pemasukan. Photo by Pixabay

Nah, ketika keuanganmu dirasa mulai menipis padahal sudah ditargetkan dengan sedemikian rupa ketika menjelang lebaran supaya dapat terkontrol dengan baik, maka salah satu jalan keluarnya adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Ketika bulan puasa, Kamu dapat membuat takjil untuk dijual jika memang memasak adalah hobimu saat ini. Selain itu, menjalankan bisnis online yang bisa dimulai dari reseller juga dapat kamu jadikan sebagai bisnis tambahan supaya dapat menutup kebutuhan keuangan yang semula tidak terkontrol dengan baik. Mengingat, ketika bulan puasa tiba, peluang bisnis yang dijalankan akan semakin bertambah. Dan ketika semua sudah tercover dengan adanya pemasukan tambahan ini, maka kembali atur ulang dalam pengelolaan keuanganmu menjelang lebaran kali ini supaya tidak terbengkalai seperti sebelumnya.

Sisihkan Pundi-Pundi Uang yang Tersisa

Hitung dan atur kembali keuanganmu setelah utang lunas.
Sisihkan uang yang tersisa. Photo by Pixabay

Perhatikan hal-hal dalam kelola keuangan lainnya yang dapat kamu lakukan dengan menyisihkan pundi-pundi uang yang tersisa ketika berbelanja. Untuk apa? Kegiatan ini dapat kamu lakukan untuk berjaga-jaga ketika dalam keadaan tertentu di bulan puasa menjelang lebaran terdapat kebutuhan yang tidak terduga. Dengan demikian, kamu tidak perlu menyentuh uang yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan yang sudah direncanakan. Melainkan, kebutuhan mendadak tersebut dapat tertutup dengan uang yang sudah disisihkan dari sisa belanja sebelum-sebelumnya. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit bukan? Jadi, kamu pun dapat menyisihkannya jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba.

Jika Kamu Memiliki Tagihan, Maka Siapkan Kalender Tagihan

Masih ada tagihan kartu kredit.
Siapkan kalender tagihan. Photo by Pexels

Meskipun ketika bulan puasa tiba, jangan sampai kamu melupakan tagihan yang sudah seharusnya dibayarkan sehingga menggunakan uang pembayaran tagihan untuk membeli kebutuhan lainnya. Membuat kalender tagihan ketika kamu memiliki tagihan yang menjadi kewajiban sangat perlu dalam mengelola keuangan termasuk mengelola keuangan menjelang lebaran. Hal ini supaya ketika waktunya tiba, kamu tidak dikagetkan dengan kebutuhan yang seharusnya terpenuhi. Sebab, sudah disediakan jatahnya sendiri dengan diingatkan oleh kalender tagiah yang kamu buat.

Demikian pembahasan berkaitan dengan 4 hal yang wajib diperhatikan ketika mengatur keuangan jelang lebaran. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai