4 Tips Bisnis Kosmetik Halal yang Perlu Diketahui

Tips bisnis kosmetik halal.
Tips bisnis kosmetik halal. Photo by Fimena
Waktu baca: 3 menit

Berbicara mengenai tips bisnis kosmetik halal memang tidak pernah ada matinya. Namun jangan khawatir, untuk para pemula nyatanya ada beberapa tips yang bisa diperhatikan agar usahanya bisa terus lancar dan langgeng. Jangan lupa siapkan catatan untuk mencatat hal-hal penting yang mungkin bisa dipraktekkan.

Memulai dengan Online Shop

Sering buka toko online.
Memulai jualan online. Photo by Pixabay

Suatu usaha pastilah diawali dengan usaha yang kecil terlebih dahulu atau bahkan tidak memiliki modal apapun pada awalnya. Nyatanya meskipun tidak mempunyai modal sepeser pun seseorang bisa mendirikan sebuah toko mereka sendiri. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memanfaatkan media sosial dan sistem PO atau pre order. Inilah yang bisa dilakukan untuk mengawali sebuah usaha lengkap dengan tips bisnis kosmetik halal.

Pakailah akun sosial media yang kamu miliki atau membuat media sosial baru untuk mulai usahamu. Bisa ditawarkan pada teman-teman, saudara atau bahkan tetanggamu. Tentunya barang yang kamu jual adalah produk-produk umum yang ada di pasaran hingga tidak perlu ada biaya yang dikeluarkan untuk modal. Jangan lupa selalu sisihkan uang hasil jualan untuk mengetahui maju mundurnya laju jualanmu.

Baca juga: Ide Usaha Bisnis Kosmetik Halal Bagi Pebisnis Pemula

Menjadi Reseller Tetap

Ide usaha kecil tapi menguntungkan.
Jadi dropshipper atau reseller. Photo by Pexels

Untuk yang satu ini kasusnya berbeda. Salah satu tips bisnis kosmetik halal juga bisa diawali dengan mendaftar menjadi reseller tetap sebuah brand kosmetik halal. Namun kamu harus membayar biaya pendaftaran ini. Jangan khawatir, biaya yang dikeluarkan tidak mahal bahkan bisa dijangkau oleh kalangan siswa atau mahasiswa yang ingin menambah uang jajan.

Untuk menjadi reseller tetap ini memang harus ada tuntutan di dalamnya. Kamu diharuskan memenuhi target penjualan yang diberikan oleh bos brand tersebut. Jika tidak bisa mencapai target yang telah disetujui sebelumnya maka akan ada sanksi untuk ini. Namun keuntungan yang didapatkan adalah bisa membuatmu memiliki bisnis yang menjanjikan serta bonus setiap bulannya jika mampu melampaui target. Sisi baik lainnya adalah untuk sesi pengemasan dan pengiriman biasanya dilakukan oleh pusat dan reseller hanya perlu mendata dan berkomunikasi dengan pembeli.

Membuka Toko Offline

Cara bisnis kosmetik halal
Buka toko offline. Photo by Pixabay

Setelah toko online atau jualan reseller sudah berjalan dengan baik, barulah kamu bisa membuka toko offline. Dengan mengawali bisnis melalui online kamu sudah sekaligus membangun image dan branding usaha serta mengenalkan secara luas produk yang kamu jual saat ini. Tips bisnis kosmetik halal ini akan membuatmu semakin dikenal sebagai salah satu penjual kosmetik halal terpercaya. Terlebih jika kamu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada setiap pelanggan. Maka, imejmu di mata pelanggan akan semakin baik.

Toko offline berfungsi untuk menyakinkan para pelanggan yang masih ragu bahwa Kkamu benar-benar menjual sebuah produk kecantikan. Seringlah posting barang yang baru saja Kamu tata di toko offline untuk konten di media sosial secara online. Promosi secara berkala ini akan memberikan efek menggiurkan untuk pelanggan.

Berikan Diskon yang Menarik

Diskon besar jadi tantangan saat ingin berhemat.
Berikan diskon menarik. Photo by Hipwee

Sesekali manfaatkan hari-hari penting untuk memberikan sebuah diskon. Seperti contohnya hari Ibu atau hari kemerdekaan Indonesia. Berikan diskon seperti beli dua gratis satu lip balm atau sekedar potongan harga meskipun hanya sebesar Rp. 10.000 saja. Nyatanya potongan harga ini sangat dicari oleh masyarakat dan berguna untuk membeli produk lainnya.

Dengan adanya diskon akan membuat bisnis kosmetik halal milikmu semakin dilirik oleh pelanggan dan dianggap sebagai kepercayaan serta langganan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam melakukan bisnis kosmetik halal.

Mungkin Anda juga menyukai